TONARI NO KAZOKU WA AO MIERU (WATARU X SAKU)

10:44

YABAI, bl jepang kenapa sekarang banyak yang bagus ya! Rasanya dulu gue pernah bilang deh, gue tuh bukan penggemar bl jepang karena banyak yang gabisa akting, chemistry pemainnya 0, dan juga rata-rata diproduksi dengan budget minim jadi ya gitu deh gajelas TAPI di tahun 2018 ini gue menemukan hidden gems yaitu OSSAN'S LOVE dan juga satu lagi yang gue mau bahas sekarang  nih yaitu  TONARI NO KAZOKU (selanjutnya akan gue sebut Tonakazo). Tonakazo sebenernya bukan pure bl drama tapi lebih ke family drama gitu. Karakter gaynya ini cuman sebagai side story aja tapi tenang guys gausah khawatir karena proporsi cerita gay-nya pas banget kok gak lebih dan gak kurang terus juga cerita karakter lain seperti Keluarga Igarashi (main character), Keluarga Kawamura, dan  keluarga Komiyama juga menarik untuk disimak. Oia disini gue cuman mau bahas WATARU X SAKU ya, jadi kalau yang kesini untuk mencari sinopsis lengkap untuk karakter straight lain sepertinya ini bukan yang kalian cari. Oke lanjut ke sinopsis!

TONARI NO KAZOKU WA AOKU MIERU
RESIDENTIAL COMPLEX
隣の家族は青く見える
Network : Fuji TV
Genre : Romance, Drama, Family
Screenwriter : Nakatani Mayumi
Director : Shinada Shunshuke, Takano Mei, Aizawa Hideyuki
Producer : Nakano Toshiyuki
Original Release : 18 January 2018 - 22 March 2018
Duration : 48 minutes
Episode : 10
Origin : Japan
Language : Japanese


MUSIC
Mr.Children - here comes my love

WATCH/DOWNLOAD
indosub
bl cut part 1 / part 2 (subbed by bagikuy)

CHARACTERS
"Hirose Family"

MASHIMA HIDEKAZU as HIROSE WATARU (38)

KITAMURA TAKUMI as AOKI SAKU (21)

CHARTS

SINOPSIS


Hirose Wataru (38) seorang closet gay lajang yang berprofesi sebagai Arsitek. Wataru memutuskan tinggal sendiri dan membeli rumah di komplek perumahan yang kebetulan dia sendiri yang mendesain. Suatu hari saat minum di bar langganannya "Base", Wataru bertemu dengan pria muda bernama Aoki Saku (21). Wataru dan Saku seperti mempunyai 'radar' satu sama lain (sama-sama tahu kalau gay). Mereka berdua kemudian memutuskan untuk berpacaran (Saku yang confess duluan haha). Satu tahun kemudian setelah rumah siap huni, Saku secara mendadak datang meminta izin untuk diperbolehkan tinggal bersama Wataru dirumah barunya. Awalnya Wataru menolak karena di komplek ini hanya ada 4 rumah dan 'hubungan' mereka pasti akan tercium oleh tetangga. Sakupun mempertanyakan keseriusan Wataru tentang hubungan mereka. Saku berkata lebih baik putus detik ini jika Wataru hanya menganggap hubungan mereka ini hanya main-main. Akhirnya Wataru mengiyakan dengan syarat Saku harus tetap tenang dan tidak boleh berinteraksi dengan tetangga lain. Emang dasar Saku gak bisa diam, Saku malah kenalan dengan Igarashi Nana (Nana) yaitu istri dari keluarga Igarashi yang membuat sang suami yaitu Igarashi Daiki (Dai-chan) menjadi salah paham karena Saku dikira genit ke istrinya (lol). Pada saat BBQ party antar penghuni komplek, mau gak mau Wataru mengenalkan Saku sebagai "kerabat" yang sementara tinggal dirumahnya. Saat itu belum ada satupun tetangga yang curiga, sampai akhirnya Nana memergoki Wataru dan Saku berciuman di halaman rumah. Wataru panik kemudian mengelak bahwa ciuman barusan adalah skinship antar saudara belaka. Nana pun paham dan menyuruh Wataru tidak usah mengkhawatirkan hal ini.
Suatu pagi, Saku mengobrol dengan Nana. Saku meminta maaf karena telah berbohong kepada para penghuni komplek. Saku sebenarnya tidak pernah ada niatan untuk menyembunyikan hubungannya tapi karena Wataru merasa lebih nyaman kalau dirahasiakan maka ia meminta Nana untuk juga tidak memberitahu hal ini pada siapapun. Nana pun mengiyakan. Disisi lain, Wataru ditaksir oleh rekan kerjanya yang bernama Hasabe. Saat Saku mendatangi kantor Wataru, ia bertemu dengan Hasabe dan Wataru sedang keluar bersama. Melihat tingkah mereka, Saku sadar kalau Hasabe punya "perasaan khusus" ke Wataru. Wataru sebenarnya juga sadar akan hal ini tapi ia pura-pura untuk tidak peka selama ini. Wataru mengenalkan Saku sebagai "keponakan" kepada Hasabe (yang nanti akan menimbulkan kecurigaan Hasabe). Pada suatu malam, Nana pingsan didepan rumah yang kemudian ditolong oleh Saku. Saku membawa Nana pulang ke kediaman Igarashi dan merawatnya. Tak lama suami Nana pulang dan melihat Saku sedang bersama Nana di dekat kasur. Suami Nana pun marah dan hendak memukul Saku. Saku akhirnya mengaku kalau dirinya gay dan ia adalah kekasih dari Hirose Wataru. Suami Nana tidak jadi marah dan malah mengajak Saku untuk makan kue bersamanya. Suami Nana adalah orang kedua yang tau hubungan Wataru x Saku.
Hubungan Wataru x Saku akhirnya tercium oleh para tetangga karena ada seseorang yang meneror Wataru di rumah maupun di kantor dengan mengirimkan pesan-pesan yang isinya "Ada pasangan gay di komplek ini" "Wataru gay" dsb. Wataru sangat pusing memikirkan hal tersebut karena ia ingin hidup dengan tenang dan tidak mau jati dirinya ini diketahui oleh siapapun. Saku berkata kalau Wataru segitu tidak ingin diketahui oleh masyarakat, untuk apa membeli rumah di perumahan seperti ini, lebih baik ia tinggal di hutan biar hidupnya tenang tidak ada yang menganggu. Wataru membela diri membalas walaupun bertentangan tapi ia juga butuh bersosialisasi untuk menjaga kehidupannya agar tetap seimbang. Saku pun merasa sejak kehadirannya di hidup Wataru, ketenangan Wataru menjadi hancur. Saku bahkan berkata lebih baik dari awal mereka tidak usah bertemu. Wataru berusaha menenangkan Saku bahwa kalau seandainya mereka tidak pernah bertemu, ia tidak bisa memeluk Saku seperti apa yang dilakukannya sekarang (can you hear someone sobbing? it's me b*tch). Di hari yang sama, para penghuni komplek mempunya rencana untuk merayakan ulang tahun putri bungsu keluarga Komiyama yaitu Komiyama Moka di halaman. Namun setelah isu Wataru seorang gay mencuat, Komiyama Miyuki yaitu ibu dari Moka yang terkenal bawel dan kolot ini membatalkan pesta tersebut padahal penghuni lain sudah menyiapkan atribut ulang tahun, kado, makanan, dll. Miyuki-san secara tidak langsung meminta Wataru untuk mengusir Saku karena ia takut dengan keberadaan mereka (gay) merusak tumbuh kembang dan pendidikan anaknya yang masih SD. Tentu saja Nana, Chihiro, dan yang lain membela Saku dan Wataru (terutama Nana). Nana yang terkenal ramah dan kalem ini dengan tegas berkata bahwa setiap orang bebas untuk memiliki kebahagiaan dan Wataru berhak untuk tinggal bersama siapapun dirumahnya. Saku pun terharu mendengar kata-kata Nana dan berterimakasih kepadanya.
Kembali ke cerita Hasabe, Hasabe ternyata adalah orang yang meneror Wataru selama ini dengan tujuan merusak hubungan Wataru dan Saku. Hasabe telah menyelidiki identitas Saku yang diakui Wataru sebagai keponakannya tersebut. Hasabe tahu kalau ada yang tidak beres karena Wataru itu anak tunggal jadi tidak mungkin ia memiliki keponakan. Hasabe mendatangi bar tempat Saku bekerja, kemudian meminta Saku untuk meninggalkan Wataru karena Saku selama ini telah menjadi beban dan perusak masa depan Wataru. Hasabe juga menghina Saku bahwa ia hanya tamatan SMP dan selama ini Saku hidup berpindah-pindah dari rumah banyak pria. Saku mengakui bahwa Wataru tahu akan hal tersebut dan menerima dirinya apa adanya. Namun yang menjadi beban pikiran Saku adalah ucapan Hasabe dimana ia hanya menjadi beban untuk Wataru. Sesampainya dirumah, Saku melihat Wataru sibuk dengan pekerjaannya. Saku pun menawarkan bantuan, namun tentu dengan keterbatasannya ia tidak dapat membantu apapun. Wataru berkata dengan lembut bahwa cukup Saku berada disisinya ia sudah sangat terbantu, tapi Saku malah jadi tambah kepikiran akan hal tersebut. Untuk menjadi orang yang berguna bagi Wataru, Saku memutuskan mengambil ujian paket C untuk mendapat ijazah SMA yang ia lakukan secara diam-diam tanpa diketahui oleh Wataru.
Permasalahan barupun datang, Wataru mendapat kabar dari temannya yang bekerja di perusahaan asuransi bahwa ibunya mengalami cedera di kaki. Setelah mendengar kabar tersebut, Wataru bergegas untuk menemui ibunya. Saku minta Wataru mengajaknya menjenguk ibu Wataru. Saku berjanji takkan berkata apapun tentang hubungan mereka ke ibu Wataru dan menyuruh Wataru untuk mengenalkan dirinya sebagai "Junior di Kantor". Sesampainya di rumah ibu Wataru, menyesalah Saku karena hal yang dibahas oleh ibu Wataru adalah pernikahan & cucu. Ibu Wataru meminta Wataru untuk segera menikah karena ia ingin segera menimang cucu. Yang membuat Saku tambah galau, ketika Wataru  meminta ibunya untuk tinggal bersama dirumah barunya agar ia mudah memantau dan merawat ibunya. Ibunya tentu menolak karena takut kalau ada wanita yang mau sama Wataru pergi jika tau Wataru masih tinggal bersama ibunya. Sepulangnya kerumah, Saku menggerutu mengenai kunjungan kerumah ibu Wataru, seharusnya Wataru bilang dari awal kalau ibunya meminta Wataru untuk segera menikah dan punya cucu biar ia tidak usah ikut tadi karena ia jadi tidak enak dengan ibu Wataru. Wataru berkata kalau seumur hidup ia tidak akan pernah mengaku ke semua orang kalau dirinya adalah seorang gay. Saku yang sedikit emosi berkata kalau Wataru sebenarnya malu dan tidak percaya diri mengakui kalau dirinya gay makanya ia tidak berani untuk coming out. Wataru mengelak kalau ia tidak bisa coming out karena memikirkan perasaan ibunya dan Saku tidak akan mengerti permasalahannya dengan keluarganya ini (fyi, Saku tidak tau keberadaan orang tuanya sejak lahir). Saku merasa tersinggung mendengar ucapan Wataru. Saku membalas kalau orang yang tidak punya keluarga seperti dirinya memang tidak akan pernah paham dengan permasalahan Wataru. Saku dengan emosi kemudian pergi bekerja. Malam harinya, setelah kerjaanya selesai Saku yang masih ngambek dengan Wataru tidak langsung pulang kerumah tapi malah bertamu ke rumah Nana. Ia curhat tentang masalahnya dengan Wataru dimana ia merasa Wataru yang sejak awal berencana beli rumah di komplek ini untuk ia tinggali bersama ibunya. Saku merasa kehadirannya menjadi penganggu karena Wataru jadi tidak bisa mengajak ibunya tinggal karena ada Saku dirumahnya. Saku juga berkata jika suatu hari nanti pasti Wataru akan memilihi ibunya karena pasangan masih bisa dicari sedangkan orang tua tidak tergantikan. Nana pun menenangkan Saku bahwa jangan percaya dengan perkataan orang lain tentang dirinya menganggu atau membebani Wataru jika itu bukan keluar dari mulut Wataru sendiri. Saat Nana melihat ke jendela, ia mendapati Wataru sedang nampak kebingungan. Nana memanggil Saku untuk melihat sendiri bagaimana khawatirnya Wataru mencari Saku. Nana menyuruh Saku untuk segera pulang kerumah. Saat Wataru hendak keluar gerbang untuk mencari Saku, Saku pun muncul dihadapan Wataru. Saku berkata kalau ia sedang menguji Wataru apakah Wataru menepati janji yang mereka tulis antara lain "tidak langsung putus hanya karena bertengkar" "bicarakan dengan tenang setelah emosi hilang". Wataru sambil tersenyum mengajak Saku untuk pulang bersamanya.
Suatu hari, ibu Wataru mengunjungi rumah Wataru secara mendadak. Wataru kebetulan tidak berada di rumah karena itulah Saku yang menyambut ibu Wataru. Saku dengan cepat membereskan jejak dengan cara menyembunyikan foto dan bantal yang berkaitan tentang hubungan mereka. Namun sayangnya, ibu Wataru terlanjur melihat "janji hubungan" yang terbingkai di dekat dapur. Untungnya tak tak lama Wataru pulang sehingga Saku tidak menghadapi ibu Wataru sendiri. Ibu Wataru jelas tidak terima anaknya seorang gay. Ibunya menyalahkan dirinya sendiri kalau mungkin ada yang tidak beres pada saat ia mengandung Wataru dulu. Wataru menjawab gay bukanlah penyakit dan mengakui bahwa saat ini ia menjalani hubungan serius dengan Saku. Ibu Wataru pergi tanpa berkata sepatah kata apapun. Wataru mengutarakan perasaannya ke Saku bahwa ia lega akhirnya bisa coming out ke ibunya. Tetapi semenjak coming out, Wataru belum menemui ibunya lagi. Saku mencoba membujuk Wataru untuk memberi pengertian ke ibunya sekali lagi. Wataru menjawab bahwa percuma dan  Wataru tidak ingin masalah ini membuat Saku terluka.
Menjelang ujian, Saku belajar mati-matian sampai ia mengikuti les tambahan demi mempersiapkan ujiannya ini. Pada hari ujian, Wataru ternyata selama ini tahu bahwa Saku diam-diam belajar mempersiapkan ujian karena itu ia menyiapkan menu sarapan special yang biasa dimakan oleh peserta ujian (katsudon? sorry idk itu jenis makanan apaan haha) dan sebuah lucky charm untuk Saku. Wataru berdoa untuk kelancaran ujian Saku, Saku pun menjadi lebih bersemangat. Hubungan Wataru dan ibunya masih renggang. Saku berinisiatif datang ke kediaman ibu Wataru dan memintanya untuk berbicara dari hati ke hati. Saku menyarankan agar ibu Wataru lebih baik menemui Wataru saat dirinya tidak ada dirumah agar Wataru bisa mengeluarkan seluruh isi hatinya. Ibu Wataru masih belum bisa menerima keadaan dan sangat terpukul. Ditempat yang berbeda, Hasabe datang ke rumah Wataru dengan membawa file Wataru yang tertinggal di kantor. Hasabe meminta izin untuk masuk kedalam melihat kamar Wataru. Saat Wataru hendak memberinya minum, terkejutlah dia melihat Hasabe yang hanya mengenakan pakaian dalam dan mengajak Wataru untuk "tidur" bersamanya. Hasabe berkata ia tidak akan menuntut minta dinikahi tapi ia hanya ingin memiliki keturunan dari Wataru. Wataru tentu menolak karena walaupun Hasabe berpakaian seperti inipun ia tidak bisa merasakan apa-apa. Wataru menyuruh Hasabe untuk mengenakan pakaiannya kembali. Hasabe akhirnya menyerah akan Wataru kemudian pergi.

Saat perjalanan pulang dari rumah ibu Wataru, Saku menerima pesan ajakan dari Wataru untuk makan diluar. Merekapun janjian didepan "Base". Wataru sampai ke tempat janjian duluan. Setelah menunggu cukup lama, Wataru mendapat telepon dari Nana yang mengabarkan bahwa Saku mengalami kecelakaan (karena menolong Moka) dan sekarang ia sedang dirawat di rumah sakit. Mendengar berita tersebut Wataru bergegas pergi menemui Saku. Sesampainya dirumah sakit, Wataru dengan paniknya menanyakan keberadaan Saku kepada perawat. Tak lama, Saku muncul dengan keadaan tangan yang diperban. Wataru langsung memeluk Saku dengan erat. Wataru berkata ia pikir Saku meninggal dan ia tak sanggup membayangkan jika Saku tidak ada disisinya. Saku menjawab kalau dirinya baik-baik saja hanya cedera ringan dan menyuruh Wataru untuk berhenti memeluknya karena banyak orang yang melihat (fyi disana ada keluarga Igarashi dan keluarga Komiyama). Wataru berkata bahwa ia tidak peduli dan tetap memeluk Saku dengan erat. Sepulang dari rumah sakit, Miyuki-san mengadakan pertemuan dengan penghuni komplek. Miyuki-san meminta maaf atas kelakuannya selama ini, ia berkata mungkin dirinya yang terlalu kuno dan tidak mengikuti perkembangan zaman dimana banyak yang sudah mengakui kaum gay.
Beberapa bulan kemudian, hasil ujian Saku pun keluar. Saku dinyatakan lulus di semua mata pelajaran. Wataru memberikan hadiah kelulusan untuk Saku yaitu formulir pendaftaran perjanjian sebagai partner (fyi di jepang pernikahan sejenis masih belum bisa dilegalkan secara hukum jadi ini sepertinya cuman semacam perjanjian idk). Dihari pengucapan sumpah, tak disangka ibu Wataru datang menghadiri acara anaknya. Ternyata Saku berhasil mengambil hati ibu Wataru dan berhubungan baik dengannya. Ibu Wataru tersentuh dengan Saku yang berusaha memperbaiki hubungan dirinya dengan anaknya Wataru. Ibu Wataru akhirnya dapat menerima Saku, bahkan ia berkata sekarang ia seperti memiliki 2 orang anak. Wataru kemudian menggunakan kesempatan ini untuk mengajak ibunya untuk tinggal bertiga bersamanya dan Saku, tapi ibunya tetap menolak. Saku berkata ke Ibu Wataru jika mau cucu mereka bisa mengadopsi anak, ibu Wataru pun sangat excited mendengarnya. Di akhir cerita Saku mulai belajar excel dan program lainnya agar dapat membantu Wataru kelak dan mereka berduapun hidup bahagia! ❤

(My Thoughts)
Duh bingung mulai darimana ini bakal panjang sih jadi siapin popcorn gih kalian hahaha. Pertama bahas kenapa gue bisa tau drama ini dulu kali ya. Awalnya gue liat fmv Wataru x Saku di youtube, ini jauh sebelum gue nonton Ossan's Love, tapi karena gue asing dengan aktornya jadi gue pikir "ah paling kayak bl jepang kebanyakan, skipppp". Dan sekarang gue menyesalinya (nyesel mulu idupmu sis). Sampai akhirnya baru-baru ini gue memutuskan nonton Tonakazo TAPI posisinya gue masih belum tau ternyata Wataru x Saku yang gue liat di youtube dulu itu bagian dari drama ini (bingung gak, maafkan ketidakjelasan gue hahahaha). Iya, jadi gue sebenernya nonton Tonakazo bukan buat bl tapi emang gabut pengen nonton drama eh taunya ketemu Wataru x Saku emang jodoh gak kemana ya hahaha. Reaksi gue pas liat gay couplenya "LAH KEK PERNAH LYAT! INIKAN YANG W LYAT DI YUCUP DULU". Setelah itu gue hajar seharian marathon Tonakazo dan AKU SUKA SEKALI AAAAAAAAAAAA! Sekarang mari membahas alur ceritanya.
Guys serius....gay storyline di Tonakazo ini bagus sebagus bagusnya selera gue banget! Ceritanya tuh terasa real dan warm gitu, katanya sih salah satu directornya part of LGBT mungkin itu mempengaruhi jadinya cerita Wataru x Saku bisa sebagus ini huhu. Kalau kalian cari bl drama yang well-written, akting bagus, dan aktornya good looking serius Tonakazo bisa jadi pilihan sih. Bahkan kalau dari storyline gue jauh lebih suka ini dari Ossan's Love (nanti diakhir gue mau bandingin sama OL dikit). Kisah Wataru x Saku sebenernya simple dan bukan suatu hal yang baru juga, ceritanya masih seputaran kecemasan Wataru seorang closet gay terhadap pandangan lingkungan sekitar mengetahui jati dirinya sedangkan Saku walaupun diluar terlihat riang tapi dibalik itu dia punya kecemasan sendiri di hatinya. Yang gue suka dari cerita Saku ini, bukannya mundur demi kebahagiaan sang pacar kayak BL kebanyakan, tapi kekhawatiran dia itu dijadikan motivasi untuk maju (uuu miluv sakuchan) terus yang gue suka juga Saku gabanyak nuntut pengakuan sebagai pacar atau macem-macem, dia ngerti keadaan Wataru (ya walaupun terkadang dia tetep egois juga sih). Kocak pas Saku bilang dengan santainya "Jadi aku bilang ke mereka apanih? anak dari kakak perempuanmu, kakak laki-lakimu, atau mungkin adikmu kasih tau dong" lol. Selain keluarga Hirose, gue juga suka keluarga Igarashi (walaupun kadang ceritanya ngebosenin sih) karena irl ada kerabat gue yang mengalami hal serupa yang susah dapet anak padahal udah nikah bertahun-tahun jadi bisa paham betul. Permasalahan Keluarga Komiyama juga sering terjadi di masyarakat dimana ibu-ibu kebelet eksis sampai menghalalkan segala cara, sedangkan keluarga Kawamura nothing special sih tapi kalau Chihiro sama Miyuki-san lagi ribut baru deh gue demen (yang sudah nonton pasti mengerti haha). Tiap episode pasti ada moral value yang bisa kalian dapet kok 💗
Kalau melihat age gap Wataru x Saku mungkin kalian bakal mikir dua kali buat nonton, bahkan ada yang bilang Wataru x Saku ini malah terlihat seperti 'bapak' dan 'anak' daripada sepasang kekasih, tapi gue pribadi ga melihat ada masalah tentang perbedaan umur ini, malah lucu liat Wataru ngemong Saku mungkin karena Wataru di mata gue belum tergolong "ossan/tua" kali ya dia masih ganteng kok untuk umur segitu. Ngomongin karakter favorit, pasti kalian bisa tebak lah siapa favorit gue hahaha, yup sudah pasti SAKUCHAN! Sesungguhnya gue ga pernah nonton satupun drama/movie dari aktor yang meranin Saku dan Wataru ini (untuk Mashima-san selain Ossan's Love tentunya), tapi setelah nonton gue tausih mereka berdua pasti bukan aktor abal-abal apalagi Mashima-san. Mashima-san ini kan juga meranin Takekawa-san yang sifatnya berbanding terbalik sama Wataru dan HE NAILED IT! Kalau Kitamura Takumi aka Sakuchan seriusan gue gakenal dia sama sekali. Sempet sih liat foto dia bertebaran di timeline twitter tapi dulu gue gak tertarik, terus sekarang pas demen gue kepoin eh ternyata dia ini personil rock band namanya DISH! dan dia dari Stardust juga (satu agensi sama Yamazaki Kento, Hayashi Kento, Okada Masaki, Yuya Yagira, Yamada Takayuki & dll). Berhubung gue belum nonton drama/movie Takumi selain Tonakazo, jadi ga ada ada perbandingan performanya di drama/movie lain TAPI Takumi di Tonakazo sukses memerankan karakter Sakuchan yang carefree, easygoing, cutie, friendly & bubbly! Dan si Takumi aslinya beneran masih muda lah huhu, dia kelahiran 1997! Suaranya itu lho lucu banget kayak cowo baru puber yang suaranya mau berubah gitu hahaha. I'll keep my eyes on him sepertinya dia akan besar suatu saat nanti hehe.
Kelebihan dari Tonakazo kayaknya udah terjawab diatas ya sedangkan untuk kekurangannya....hmmm apa ya? sejauh ini gue belum nemu kurangnya sih hahaha. Adegan favorit? Pokoknya semua yang ada Sakuchan deh apalagi kalau Sakuchan ikutan rumpi bareng Nanachan & Chihiro. Oh satu lagi pas adegan di rumah sakit yang Wataru peluk Sakuchan dengan erat padahal posisinya itu dilihatin orang banyak, terharu banget gue disanalah Wataru udah mulai berani menunjukkan jati dirinya ke orang lain huhu. Kalau ada yang penasaran bisa gak nonton Wataru x Saku aja terus skip cerita lain, jawabannya adalah mungkin aja kok! pada dasarnya keluarga lain punya permasalahan sendiri dan gak berkaitan secara langsung dengan Wataru x Saku, tapi ya karena mereka bertetangga jadi emang banyak interaksi dengan keluarga lain yang sayang sebenernya kalau dilewatkan hahaha.
Fyi selain OL dan Tonakazo, di 2018 ini ada satu lagi drama jepang yang berkaitan dengan LGBT yaitu JOSHITEKI SEIKATSU. Joshiteki ceritanya tentang Lesbian Trans alias pria yang berpakaian seperti wanita tapi preferensi seksualnya masih ke wanita. Joshiteki tayang di NHK dan pemeran utamanya bukan aktor abal-abal kok (bahkan Shishon Jun menang best actor di Confidence Award berkat drama ini). Gue udah nonton Joshiteki tapi sayangnya bukan taste gue, jadi gue pengen sharing aja sih siapa tau ada yang tertarik karena katanya ini juga rame di jepang. Terakhir, gue mau bandingin sedikit OL dan Tonakazo (kalau tidak sependapat jangan baper ya hahaha). Jadi, gue pernah liat ada yang ngebandingin Tonakazo dan OL gitu, ada yang bilang Tonakazo >>> OL tapi ada juga yang bilang OL >>>Tonakazo. Menurut gue dua drama ini beda tergantung lagi cari hiburan yang kayak gimana. Tonakazo lebih ke "drama" sedangkan OL lebih ke "comedy". Seperti yang gue bilang diatas, kalau untuk storyline gue jauh lebih suka Tonakazo tapi untuk bahan hiburan yang enak ditonton berulang-ulang gue milih  OL. Bukan berarti Tonakazo gak ada rewatch valuenya sih, gue masih sering kok ngulang Wataru x Saku moment, tapi OL tuh iconic banget jadi gimana ya? bingung asli jelasinnya tapi semoga kalian paham deh apa maksut gue hahahaha. Balik lagi ke selera masing-masing deng,  tapi yang jelas sih DUA SERIAL INI MASUK KE DALAM LIST BL TER-FAVORIT GUE! 💕

Oke segini dulu review kali ini, pokoknya gue rekomen banget Tonakazo bagi yang suka pure romance drama. Kalau jepang sering-sering ngeluarin kualitas BL kayak begini gue dari penganut Thai-BL bisa pindah haluan deh lama-lama hahaha. Nilainya berapa? Gue kasih 4,5 ★ / 5  . Untuk cerita Tonakazo ini taste gue banget, udah gitu selain ganteng, performa pemainnya bagus. Ini drama apa kurangnya coba? hahaha. Khusus untuk Tonakazo gue ga butuh SP atau Season 2 karena gue udah sangat puas dengan endingnya (tapi kalopun ada gue juga ga nolak sih hahaha). Terimakasih telah membaca review ini, kalau ada yang mau nambahin dan ngasih pendapat kalian tentang Tonakazo sangat dipersilahkan! Sampai jumpa di review selanjutnya 💕

You Might Also Like

5 comments

  1. akhirnya long time no see haha,
    selama ini gue cuma silent reader maap keun..
    tapi pas liat review ini gue tertarik buat nonton gegara takumi kitamura.
    Pas gue baca nih nama ga asing, pas gue googling ternyata gue pernah nonton movienya dia I Want to Eat Your Pancreas.
    Gue selama ini nonton movie jepang not drama dan itu kalok yang maen kento aja atau ga kalo ada cewenya yang gue kenal kek nana komatsu. tapi pas gue liat review katanya I Want to Eat Your Pancreas bagus makanya gue coba tonton.
    dan itu adalah Movie yang gue gembar gemborkan ke semua orang dengan kalimat "lo musti nonton ini akting pemainnya bagus banget gue jatuh cinta sama karakter cowo yang mudanya" karena selama ini movie jepang yang gue tonton emang kemistrinya selalu kurang dan ga greget. awal2 kento juga aktingnya gitu. serius kalo lo bilang takumi kitamura bakal besar nantinya gue percaya karena aktingnya bener2 bikin tertarik. dan gue pun ngerekomendasiin elo buat nonton I Want to Eat Your Pancreas. emang bukan BL tapi ini asli doi bagus banget aktingnya pas gue liat doi lahiran 97 tuh kek wow banget anjir ini anak. gitu.
    sorry spam dikolom komentar tapi gue suka banget sama ini anak dan ga tahan pengen komen wkwk.
    thanks for your review as always...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaaa setelah nonton tonakazo ini gue kepoin drama/movienya dia dan liat judul itu yang jd versi mudanya oguri shun!!! gue udah download sih tapi belom sempet ketonton xD. oh ternyata sebagus itu ya, tar kalo ada waktu luang mau nonton deh hohoho.

      Delete
  2. ka karin, maaf oot xD,
    itu cara membuat mouse pada blognya gimana? xD
    Bisa besar kaya gitu..
    bagi tipsnya dong heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaa sorry aku udah lama ga otak atik blog jd lupa, tp ini dari generator gitu terus linknya dimasukin ke template(?). untuk lebih jelasnya cari aja tutorialnya cara menganti pointer pada blog, maaf tidak membantu xD

      Delete
  3. Berharap ada SP atau nggak S2 TONARI NO KAZOKU WA AOKU MIERU :))

    ReplyDelete